Jika pada artikel sebelumnya kita telah membagikan materi tentang Rumus Dasar Suhu dan Kalor, maka pada artikel kali ini akan saya bagikan contoh soal dan pembahasan Suhu dan Kalor. Silahkan dipelajari dan semoga dapat membantu pemahaman anda.

1.
Sebuah termometer dengan skala bebas ox memiliki titik beku air pada -40ox dan titik didih air 160ox. Pada saat termometer tersebut terbaca 20ox, maka pada termometer Celcius terbaca…

Pembahasan :


2.
Sebuah bola berongga terbuat dari perunggu (koefisien muai linear α = 18 x 10-16/oC) pada suhu 0oC, jika jari-jarinya = 1 m. Jika bola tersebut dipanaskan sampai 80oC, hitunglah pertambahan luas permukaan bola!

Pembahasan :


3.
Sebuah gas ideal mula-mula volumenya 5 liter dengan tekanan 1 atm dan suhu 27oC. Kemudian gas tersebut dipanaskan sampai suhunya 87oC dan tekanannya menjadi 3 atm. Tentukan volume gas sekarang!

Pembahasan :


4.
Satu kilogram es suhunya -2oC. Bila titik lebur es 80oC, kalor jenis air 1 kal/goC dan 1 kalori = 4,2 Joule, hitunglah kalor yang diperlukan untuk meleburkan seluruh es tersebut!

Pembahasan :


5.
Jika 75 gram air yang suhunya 0oC dicampur dengan 50 gram air yang suhunya 100oC, maka hitunglah suhu akhir campuran!

Pembahasan :

Artikel Terkait : Praktikum Fisika, Ayunan Sederhana


6.
Dua batang A dan B dengan ukuran sama, disambung seperti gambar. Ujung kiri kuningan 140oC dan ujung kanan besi 20oC. Jika konduktivitas kalor batang A = 2 kali konduktivitas kalor batang B, tentukan suhu di pertengahan batang A dan B!

Pembahasan :


7.
Sebuah kalori meter dengan kapasitas 80 J/oC mula-mula diisi dengan 200 gram air dengan suhu 100oC. Kemudian kedalam kalorimeter dimasukkan lagi sebuah logam yang bermasa 100 gram dengan suhu 40oC. Setelah tercapai kesetimbangan termal dperoleh suhu akhir campuran 60oC. Berapakah kalor jenis logam tersebut?

Pembahasan :


8.
Berapakah kapasitas kalor dari 5 kg suatu zat yang mempunyai kalor jenis 2 kal/groC?

Pembahasan :


9.
Sebatang besi berbentuk silinder dengan luas penampang 10 cm2 dan panjang 50 cm. Pada ujung-ujung besi tersebut mempunyai beda suhu 2oC. Jika koefisien konduksi besi 4,6 x 10-3 KJ/m.soC, berapakah besar rambatan kalor tiap detik pada besi tersebut?

Pembahasan :


10.
Sebuah benda hitam pada saat dipanaskan sampai suhu 27oC memancarkan energy 10 joule. Berapakah energy yang terpancar oleh benda hitam tersebut jika dipanaskan sampai 127oC?

Pembahasan :


11.
Sebuah lubang kecil pada suatu dinding yang luasnya 0,5 cm2 dan bersuhu 27oC. Jika σ = 5,67 x 10-8, tentukan besarnya energy yang dipancarkan oleh lubang tersebut tiap sekon!

Pembahasan :


Sekian artikel yang dapat saya bagikan hari ini, jika anda ingin mempelajari materi tentang rumus dasar Suhu dan Kalor, silahkan kunjungi artikel pada link dibawah ini. Terima kasih…


Artikel Terkait : Rumus Dasar Suhu dan Kalor