Dalam perancangan dan analisa sebuah sistem tenaga listrik, ETAP (Electric Transient and Analysis Program) PowerStation 12.6.0 merupakan aplikasi yang sangat dibutukan untuk merepresentasikan kondisi real sebelum sebuah sistem direalisasikan. Etap merepresentasikan kondisi dengan mensimulasikan sistem tenaga listrik.

ETAP mampu bekerja dalam keadaan offline untuk simulasi tenaga listrik, dan online untuk pengelolaan data real-time atau digunakan untuk mengendalikan sistem secara real-time. Fitur yang terdapat di dalamnya pun bermacam-macam antara lain fitur yang digunakan untuk menganalisa pembangkitan tenaga listrik, sistem transmisi maupun sistem distribusi tenaga listrik.

Analisa sistem tenaga listrik yang dapat dilakukan ETAP antara lain :
⦁ Analisa aliran daya
⦁ Analisa hubung singkat
⦁ Arc Flash Analysis
⦁ Starting motor
⦁ Koordinasi proteksi
⦁ Analisa kestabilan transien, dll.

Untuk memulainya, silahkan dibuka aplikasi Etap yang sudah anda install. Kemudian pilih menu “New” untuk membuat Project baru. Jika belum paham dengan pengaturan awal, biarkan opsi pilihan seperti apa adanya.

Tampilan dari project yang sudah dibuat akan terlihat seperti gambar dibawah :

Dari interface tersebut, terdapat beberapa fungsi dasar yang perlu dipahami. Fungsi dasar tersebut telah ditandai dengan warna yang berbeda, untuk penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Select Mode

Digunakan untu memilih mode simulasi yang akan dilakukan terhadap jaringan, dari yang paling kiri ke kanan, fungsinya adalah sebagai Editor, Load Flow Analysis, Short-circuit Analysis, Motor Acceleration Analysis, Harmonic Analysis, Transient Stability Analysis, Protective Device Coordination, DC Load Flow Analysis, DC Short-circuit Analysis, Battery Discharge Sizing, Unbalanced Load Flow Analysis, Optimal Power Flow Analysis, Reability Assesment, Optimal Capacitor Placement, dan Switching Sequence Management.

2. Menu Bar

Digunakan untuk menjalankan fungsi utama, seperti pencetakan, penyimpanan, pengaturan halaman, pengaturan library, pengaturan standar operasi, dan lain-lain.

3. AC Element

Digunakan untuk menambahkan komponen AC pada rangkaian atau jaringan yang kita buat.

4. Instrument

Digunakan untuk menambahkan instrument bantu seperti CT, Relay, Alat Ukur, dan lain-lain.

5. DC Element

Digunakan untuk menambahkan komponen DC pada rangkaian atau jaringan yang kita buat.

6. Project View, One Line Diagram, dan Star System

Digunakan untuk operasi dasar seperti pengeditan library, pengeditan rangkaian, dan simulasi star sistem.

7. System Dumpster

Digunakan untuk menyimpan komponen yang telah dihapus dari One Line Diagram, digunakan juga sebagai ClipBoard yang menyimpan rangkaian yang disalin atau dipotong.

Sekian untuk artikel Pengenalan Etap yang ingin saya sampaikan. Untuk mempelajari simulasi etap pada tahap selanjutnya, silahkan kunjungi halaman kami melalui link dibawah ini. Jika ada pertanyaan atau pernyataan silahkan berkomentar melalui kolom yang telah disediakan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait : Belajar Simulasi dengan ETAP